Tuesday, May 15, 2018

Bagai Langit Malam, Terowongan Ini Bercahaya Biru Karena Cacing


Infoseputartravel8, Helensburgh - Di Kota Helensburgh, Australia ada satu sisa terowongan kereta yang terlantar. Jadi habitat cacing bersinar, terowongan ini jadi cantik serta fotogenik. 

Nama resmi dari terowongan ini yaitu Metropolitan Tunnel. Terowongan ini dibuat pada th. 1880-an jadi jalur kereta, seperti yang dihimpun Infoseputartravel8 dari beragam sumber, Selasa (15/5/2018). 

Terowongan ini sangat terpaksa ditutup pada th. 1915. Hal semacam ini dikarenakan jelaga serta asap yang ada di terowongan ini begitu beresiko untuk penumpang serta awak kereta api yang melaluinya. 

Terlantar demikian saja, satu diantara ujung dari dari terowongan ini tertutup oleh puing-puing bangunan luar. Makin lama, terowongan ini tertutup oleh banyak tumbuhan liar yang tumbuh di sekelilingnya. 


Akhirnya, terowongan ini dipenuhi air seperti bendungan. Pada th. 1995, warga sekitaran berinisiatif untuk mengeringkan serta bersihkan Metropolitan Tunnel. 

Meskipun telah dibikin bersih, terowongan ini masih tetap seringkali banjir. Karna lembab serta gelap, pada akhirnya terowongan ini jadi habitat dari glow worm atau cacing sinar. 

Hidup berkoloni, cacing ini penuhi atap dari terowongan. Glow worm adalah satu diantara biota yang bioluminescent atau hasilkan sinar dari badannya. 

Koloni glow worm saat ini membuat cantik sisa terowongan yang terlantar ini. Hingga saat ini, nama Metropolitan Tunnel bertukar jadi Glow Worm Tunnel. 


Banyak traveler yang berniat datang ke sisa terowongan Helensburg ini cuma untuk lihat serta mengabadikan sinar dari koloni cacing ini. 

Traveler tidak butuh datang malam hari, karna koloni cacing ini berpendar waktu siang hari. Bila ingin semakin jelas, anda dapat masuk lebih jauh kedalam. 

Hingga sekarang ini, terowongan ini masih tetap sering banjir. Namun anda masih tetap dapat nikmati terowongan ini dengan memakai perahu. 

Terdapat banyak ketentuan yang perlu anda taati waktu masuk kedalam terowongan ini : 

1. Janganlah berisik, karna ini juga akan menggunggu koloni. 
2. Janganlah pakai lotion anti serangga, karna glow worm dapat mati. 
3. Tidak bisa merokok. 
4. Janganlah pakai flash pada camera atau senter. 
5. Upayakan untuk meminimalkan group. 
6. Janganlah buang sampah di salam terowongan, ini juga akan mengganggu habitat dari glow worm.

No comments:

Post a Comment