Wednesday, May 9, 2018

Ini Dia 6 Negara dengan Zona Waktu Paling Beda


Infoseputartravel8, Pyongyang - Biasanya nyaris semuanya negara mengambil keputusan zone saat dengan Greenwich Mean Time (GMT) jadi referensi standard. Semuanya, terkecuali 6 negara ini. 

Ketidaksamaan zone saat di semasing negara jadi satu diantara hal yang krusial, tidak kecuali waktu traveling. Berlibur ke satu negara, menuntut traveler untuk sesuaikan ke zone saat setempat. 

Uniknya, terdapat banyak negara didunia yang di ketahui mempunyai ketentuan saatnya sendiri diluar zone saat GMT. Dihimpun detikTravel dari beragam sumber, Selasa (8/5/2018), tersebut 6 salah satunya : 

1. Korea Utara 

Apa pun berkaitan Korea Utara memanglah cukup 'ajaib' untuk dikaji, termasuk juga untuk masalah saat. Pada th. 2015 lantas, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, mengambil keputusan zone saat Pyongyang untuk warganya. 

Dengan tehnis, Kim Jong Un menaikkan zone saatnya 30 menit lebih cepat supaya menyamakan Korea Selatan. Dasarnya jangan pernah kalah dari negara tetangga. 

2. Venezuela 

Di dalam memprotes yang berkelanjutan di th. 2016 yang lalu, Presiden Venezuela Nicolas Maduro buat ketentuan untuk memajukan zone saat negaranya 30 menit lebih cepat atau jadi 4 jam di belakang GMT. 

Pemerintah beralasan, bila pagi serta siang hari yang lebih lama juga akan kurangi pemakaian listrik serta pendingin ruang. Di masa yang akan datang, Maduro jadi merencanakan untuk memajukan zone saatnya sekali lagi 30 menit lebih cepat. 

3. Crimea 

Sesudah berpisah dari Ukraina pada 2014 yang lalu, Crimea lakukan perombakan besar di negaranya. Termasuk untuk masalah saat. 

Pada bln. Maret di th. yang sama, Pemerintah Crimea memajukan zone saatnya 2 jam ke depan untuk menyamakan zone saat Moskow. Kembali sekali lagi ke masalah Politik. 

4. Nepal 

Dalam upayanya untuk menyaingi negara tetangga India, Nepal buat zone saat yang di kenal jadi Nepal Standar Time di th. 1956. 

Pemerintah waktu itu setuju untuk memajukan zone saatnya 15 menit ke depan dari zone saat India. Hal tersebut jadikan zone saat Nepal ada 5 jam serta 45 menit semakin maju dari zone saat GMT. 

5. Samoa 

Pada th. 2011, Samoa lakukan perubahan zone saat ikuti negara tetangga Australia. Dari yang terlebih dulu 21 jam di belakang Sydney, jadi maju 3 jam lebih cepat. 

6. China 

Tidak kalah dengan Korea Utara, China juga miliki zone saat bernama Beijing Time. Penetapan zone saat itu dikerjakan jadi satu diantara usaha untuk menjadikan satu zone saat negara sisi di China yang tidak sama. 

Dibawah pemerintahan Mao Zedong th. 1949, ia memajukan zone saatnya 8 jam semakin maju dari zone saat GMT. Kenyataannya, zone saat Beijing juga dibarengi oleh Macau, Hong Kong serta Taiwan.

No comments:

Post a Comment