Sunday, May 13, 2018

Ternyata Flores Punya Kampung Secantik Ini


Infoseputartravel8, Jakarta - Situasi hijau nan teduh menyelimuti Kampung Kebiasaan Gurusina di Flores. Berlatar Gunung Inerie yaitu jati dirinya. 

Kearifan lokal masih tetap dipegang teguh satu diantara kampung kebiasaan di Kabupaten Ngada, NTT ini. Dikumpulkan Infoseputartravel8 dari beragam sumber, Jumat (11/5/2018), Kampung Kebiasaan Gurusina adalah satu diantara kampung kebiasaan yang ada di kabupaten itu. 

Data dari Pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Timur, Kampung Kebiasaan Gurusina terdapat persis di Kecamatan Jerebuu. Berjarak 16 km dari Aimere serta 21 km dari Ibu Kota Bajawa. 


Kekhasan Kampung Kebiasaan Gurusina terkecuali dilatari Gunung Inerie, semua tempat tinggal adatnya masih tetap terbuat dari bambu serta atap alang-alang. Sedang di sebagian tempat tinggal induk ada hiasan tempat tinggal diatas atapnya. 

Hiasan tempat tinggal diatas atap itu menandakannya jadi tempat tinggal kebiasaan paling utama di Kampung Kebiasaan Gurusina. Di bagian depan tiap-tiap tempat tinggal kebiasaan juga ada pajangan tanduk kerbau. Tanduk kerbau ini mengisyaratkan kejayaan serta kebesaran juga akan harta serta kekayaan tiap-tiap warga yang tinggal didalam rumah kebiasaan disini. 


Kekhasan yang lain tempat tinggal kebiasaan Kampung Kebiasaan Gurusina adalah, di tiap-tiap sisi atas pintu masuk depan di beri ukiran kayu dengan nama tempat tinggal. Lantai tempat tinggalnya juga tanpa ada semen, tetapi memakai pelepah bambu. 

Di tiap-tiap papan penyangga lantai tempat tinggal kebiasaan Gurusina ada ukiran berupa bunga serta binatang. Lantas dibagian tengah perkampungan kebiasaan Gurusina ini, ada tiga buah tempat tinggal kecil yang bahan bangunannya sama persis dengan bahan bangunan tempat tinggal adatnya. 

Peranan dari ke-3 tempat tinggal di Kampung Kebiasaan Gurusina jadi area untuk menyimpan harta benda dan kekayaan suku Gurusina. Di dalam perkampungan ini ada tiga buah lopo yang diakui warga kampung Gurusina jadi tempat peristirahatan beberapa leluhur mereka. 

Tiap-tiap warga lanjut usia di Kampung Kebiasaan Gurusina, setiap harinya memiliki pekerjaan spesial. Salah satunya ada yang memecahkan buah kemiri serta menjemur hasil bumi yang lain di halaman tempat tinggal. 

Traveler tertarik untuk menelusurinya? Di Flores terdapat banyak kampung kebiasaan terkecuali Kampung Kebiasaan Gurusina ini.

No comments:

Post a Comment