Thursday, April 26, 2018

Adaptasi Genetik di Balik Kemampuan Menyelam Suku Bajo yang Mengagumkan

Adaptasi Genetik di Balik Kemampuan Menyelam Suku Bajo yang Mengagumkan



Infoseputartravel8, Jakarta - Suku Bajo di Sulawesi populer karna kekuatan menyelam yang hebat jauh diatas kekuatan manusia biasanya. Orang suku Bajo bisa menahan napasnya sampai sebagian menit serta menyelam sebagian mtr. dibawah laut cuma dengan memakai perlengkapan yang minim. 

Hal semacam ini menurut studi paling baru oleh peneliti yang dipublikasi dalam jurnal Cell dapat dikerjakan karna suku Bajo telah menyesuaikan untuk kehidupan di laut. Sesudah sebagian generasi hidup dengan memercayakan sumber daya laut, genetik suku Bajo beralih membuatnya dapat menyelam tambah baik. 

" Menyelam bebas begitu beresiko. Penyelam yang begitu terlatih meskipun seringkali wafat karna hilang kesadaran waktu berupaya naik ke permukaan serta pada akhirnya terbenam, " kata pakar genetik Melissa Ilardo. 

" Saat hal semacam ini berlangsung sepanjang beberapa ribu th., jadi beberapa orang yang dapat bertahan hidup menyelam bebas membawa gen yang dapat berikan mereka keuntungan, " lanjutnya seperti diambil dari CNN, Rabu (25/4/2018). 

Peneliti yang lihat sampel DNA temukan macam dua gen yang mungkin saja jadi rahasia suku Bajo. Gen bernama PDE10A terkait dengan besar limpa serta gen bernama BDKRB2 yang terkait dengan kekuatan pembuluh darah untuk berkontraksi. 

Suku Bajo di ketahui dapat mempunyai limpa sampai 50 % semakin besar dari populasi biasanya. Menurut Melissa limpa ini dapat mempunyai peranan jadi organ yang menaruh darah merah kaya oksigen cadangan. 

Disamping itu kekuatan pembuluh darah untuk berkontraksi dapat buat darah yang kaya oksigen disalurkan semakin banyak ke organ-organ perlu jantung serta otak. 

" Apa yang kita bicarakan disini yaitu evolusi dalam periode waktu relatif pendek, " kata pakar biologi Profesor Marc Feldman dari Stanford University.

No comments:

Post a Comment