Sunday, April 15, 2018

Kawah Putih, Bandung – Menikmati Keindahan Danau yang Terbentuk Dari Letusan Gunung



Infoseputartravel8 - Kawah Putih merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang terletak di kawasan Ciwidey Jawa Barat. Tepatnya kurang lebih 50km arah Selatan Kota bandung.

Akses jalan untuk menuju ke kawasan ini cukup mudah, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi maka kamu akan menemukan banyak papan petunjuk jalan, dari Jakarta kamu hanya perlu menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar dari pintuTol Kopo.

Jika kamu memakai kendaraan umum, kamu cukup menggunakan angkutan kota dari terminal Lewi Panjang menuju terminal Ciwidey dan berganti angkutan menuju Situ Patenggang, nanti kamu akan berhenti tepat di depan pintu gerbang Kawah Putih.

Kawah Putih ini merupakan danau yang terbentuk dari Letusan Gunung Patuha pada abad ke 10, sesuai dengan namanya, tanah di dasar kawah ini berwarna putih karena bercampur dengan belerang, sedangkan airnya berwarna putih kehijauan, yang menarik dari kawah ini yaitu airnya terkadang bisa berubah warna sesuai dengan suhu dan cuaca.

Kawah Putih baru dikembangkan sebagai tempat wisata di Bandung oleh pemerintah pada tahun 1987, awalnya kawasan ini dianggap angker oleh masyarakat sekitar dikarenakan mereka menemukan burung-burung mati saat terbang melintasi kawasan tersebut, lalu seorang peneliti bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn memutuskan untuk mendaki Gunung Patuha pada tahun 1837 untuk mengumpulkan informasi, saat mencapai puncaknya, ia melihat ada sebuah danau yang berwarna putih dengan bau belerang yang sangat menyengat, sejak itulah kawah ini dikenal oleh masyarakat.


KawahPutih adalah tempat wisata yang berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, sehingga suhu di kawasan ini dingin dan sejuk khas pegunungan, Suhu di sekitar sini berkisar antara 8 hingga 20 derajat celcius. Untuk kamu yang mau mengunjungi tempat ini, sangat disarankan untuk membawa jaket yang tebal 🙂

Selain sebagai lokasi wisata, ternyata tempat ini juga sering dipakai untuk pengambilan gambar film, melukis dan foto pengantin, karena kawah ini memiliki banyak titik foto yang bagus.

Di Kawah Putih ini juga menyediakan banyak resto dan warung makan di sekitar, banyak yang menawarkan makanan kuliner khas kota Bandung.

Jika kamu berkunjung ke kawasan ini, jangan lupa untuk membawa masker, karena bau belerang yang keluar dari kawah cukup menyengat.

No comments:

Post a Comment