Wednesday, April 11, 2018

Asal-usul Nama Raja Ampat dan Kisah 7 Butir Telur



Infoseputartravel8, Raja Ampat - Raja Ampat jadi satu diantara tujuan yang diimpikan untuk beberapa traveler di Indonesia. Tapi tahukah anda, asal-usul nama dari surga Timur Indonesia itu? 

detikTravel pernah bertandang sekian kali kesana. Memanglah, situasi Raja Ampat serta keindahan alamnya susah diketemukan ditempat beda. Terdapat beberapa spot-spot cantik untuk dieksplor. 

" Dahulu Raja Ampat itu rimba, tidak ada sekalipun kampung. Dahulu mulai ramai itu sekitaran th. 2006. Masih tetap sepi sekali, " tutur Mukhsin, seseorang pemandu wisata yang telah 8 th. tekuni profesinya dalam percakapan dengan Infoseputartravel8, Minggu (8/4/2018). 

Diluar itu, dulunya Raja Ampat juga ambil orang-orang dari kota Sorong. Bahkan juga, Mukhsin juga menyebutkan, beberapa orang dari Sorong dijanjikan satu tempat tinggal bila menginginkan geser ke Raja Ampat. Data dari detikTravel, Marcus Wanma menjabat jadi bupati Raja Ampat pertama serta dipilih 2 kali masa jabatan (2005-2015). 

" Kami jadi warga Raja Ampat begitu suka, begitu bersukur. Saat ini bupatinya telah almarhum tapi jasa-jasanya begitu besar untuk kami, karna karena itu itu Raja Ampat itu dapat populer hingga mancanegara, " kata dia. 

Jauh sebelumnya orang-orang penuhi lokasi Raja Ampat, ada cerita legenda yang lekat di orang-orang mengenai terjadinya lokasi itu. 

" Saya dengar kisahnya dari satu diantara tuan tanah di Raja Ampat ini. Ada seseorang ibu rumah-tangga didalam sana namanya Kaliraja mereka berkebun di situ, hanya mereka jauh dari kampung. Bapaknya aktivitasnya keseharian memancing, ibunya keseharian berkebun, " katanya. 

" Sesudah mereka berkebun mereka bisa 7 buah telur, di ambil di bakulnya serta di bawa pulang. Sesudah dibawa pulang disimpan didalam tempat tinggalnya. Mendadak suaminya katakan, tolong masakkan telur, karna saya menginginkan makan telur. Nah istrinya lupa, jadi makan yang beda. Nah sekian hari lalu 7 telurnya menetas, " lebih Mukhsin. 

Ada pula sebagian narasi yang mengedar di orang-orang, kalau 7 telur itu menetas serta berwujud jadi manusia. 4 Dari telur-telur itu jadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur serta Misool Barat. Sisa 3 yang lain, satu jadi batu, satu jadi wanita serta satu sekali lagi jadi makhluk gaib atau hantu. 

" 6 menetas, 1 jadi makhluk gaib, tapi dia titip pesan, saya akan tidak lahir, tapi saya juga akan jagalah anda orang, " lebih Mukhsin. 

Konon, ada sebagian orang yang masih tetap hidup serta dulunya rasakan segera berhubungan dengan mahluk gaib itu. Hingga sekarang ini, cerita itu jadi legenda Raja Ampat yang dipercayai masyarakat setempat. 

No comments:

Post a Comment