Saturday, April 21, 2018

Calon Destinasi Wisata Baru di Ciamis : Mata Air Panas Nanggewer

Mata Air Panas Nanggewer



Infoseputartravel8, Ciamis - Ada sumber mata air panas tersembunyi di Ciamis. Sumber air panas ini mungkin saja tujuan wisata baru yang dapat anda kunjungi. Kesini yuk! 

Diketemukannya sumber air panas di lokasi Dusun Nanggewer, Desa Jelat Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, oleh warga setempat, dapat jadikan jadi satu diantara tujuan wisata baru di Tatar Galuh. Karna kekhasannya yang letaknya bukanlah di sumber gunung berapi. 

Di sekitaran lokasi sumber air panas ini dipenuhi dengan hijaunya pohon-pohon. Ada Sungai Ciharus yang airnya mengalir cukup jernih. Banyak batu-batu memiliki ukuran besar yang begitu pas untuk jadikan jadi lokasi pemotretan atau swafoto.  

Camat Baregbeg Rusmiwati dengan Pemerintah Desa Jelat mengakui sudah lakukan peninjauan segera ke sumber air panas itu. Rusmiwati menyebutkan sumber air panas ini telah lama diketemukan oleh warga. Bahkan juga, dahulu pernah dikunjungi banyak warga untuk mandi di air panas itu. 

" Potensi ini dapat digunakan untuk hasilkan pendapatan di Desa Jelat, tapi mesti digali lebih jauh hubungannya dengan histori daerah ini. Karna umumnya pengunjung semakin lebih tertarik datang, apabila di dukung dengan budaya lokal, " tutur Rusmiwati Jumat (20/4/2018). 

Cuma saja, menurut Rusmiwati untuk jadikan jadi satu diantara obyek wisata membutuhkan dana yang cukup besar, terlebih dari bagian infrastruktur. 

Tetapi hal tersebut tidak jadi satu kendala, karna apabila potensi ini dikelola dengan baik juga akan hasilkan pendapatan asli daerah. Namun, itu harus juga di dukung oleh semua pemangku kebijakan baik dari tingkat Desa sampai tingkat Kabupaten. 

Disamping itu, Kepala Desa Jelat Darsono menyebutkan kedepan sumber air panas itu juga akan jadikan prioritas pembangunan desa. Juga akan jadi satu diantara tujuan wisata yang dikelola oleh desa lewat Tubuh Usaha Punya Desa (BUMDes).  

Menurut dia, lokasi itu nyatanya terdapat di lahan punya Pemerintah Desa. Hingga dalam pengelolaannya kelak akan tidak berbenturan dengan pihak ke-3. 

" Sumber air panas ini nanti juga akan kami kelola, hingga diinginkan juga akan hasilkan pendapat desa yang untungkan, terlebih efeknya untuk orang-orang setempat dari bagian perekonomiannya, " ujarnya. 

No comments:

Post a Comment